Bibit Sawo Siap Tanam

February 19, 2020 Uncategorized  No comments

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan jenis buah yang satu ini,berwarna cokelat tua dan mempunyai rasa yang manis. Ya,yang kami maksud adalah buah sawo yang mana buah ini tidak semua orang pernah mencicipi,karena memang buah sawo ini di kategorikan sebagai buah musiman. Namun,jika anda hanya sekali mencoba, maka sudah dipastikan anda bisa ketagihan dan ingin memakan nya lagi. Apalagi,di balik buah sawo ini tersimpan segala macam manfaat yang efektif sekali bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan secara bertahap.

Bibit Sawo Siap Tanam

Buah sawo atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Manilkara zapota merupakan satu jenis buah yang berasal dari daratan utara Meksiko, Amerika Tengah, dan juga banyak ditemukan di wilayah Kepulauan Karibia, tapi juga banyak ditanam di negara-negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Kamboja, Malaysia, dan tentunya Indonesia.

Baca Juga: Morfologi Pohon Jacaranda

Penampakan luar buah sawo ini sekilas hampir mirip dengan buah kiwi dengan balutan kulit berwarna gelap dan kecokelatan, namun daging buahnya juga berwarna cokelat, teksturnya seperti berpasir, dan memiliki biji kecil berwarna hitam.

Kandungan pada buah sawo

Di balik rasanya yang manis dan legit, buah sawo ini ternyata juga banyak mengandung berbagai macam nutrisi yang mana semuanya ini sangat cocok untuk kebutuhan nutrisi di tubuh manusia,seperti vitamin dan mineral yang mana masing-masing kandungan tersebut diperlukan oleh tubuh untuk kebaikan dalam jangka panjang. Nutrisi paling banyak yang terdapat pada buah sawo, yaitu Vitamin C sebanyak 39.33%, lalu ada juga zat karbohidrat (37.00%), kandungan serat yang cukup dominan(33.68%), lalu zat besi (24.13%), dan zat tembaga sebanyak 23.00%.

Secara keseluruhan, pada satu buah sawo yang rata-rata mempunyai berat hingga 241 gram terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori (200 Kcal)
  • Serat (12,8 g)
  • Lemak (2,65 g)
  • Protein (1,06 g)
  • Karbohidrat (48,1 g)
  • Kalsium (51 mg)
  • Air (187,98 g)
  • Magnesium (29 mg)
  • Zat besi (1,93 mg)
  • Potassium (465 mg)
  • Fosfor (29 mg)
  • Asam Pantothenic (0,607 mg)
  • Vitamin C (35,4 mg)
  • Folat (34 mcg)
  • Niacin (0,482 mg)
  • Vitamin A (7 mcg)

Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan vitamin A, niacin, folat, hingga magnesium di atas, tentunya hal ini sangat banyak khasiat akan buah sawo yang tentunya bisa Anda dapatkan secara penuh. Penelitian juga pernah menyebutkan beberapa macam manfaat buah sawo yang masih muda dapat secara signifikan menyembuhkan masalah di organ pencernaan seperti diare dan masalah pada paru-paru. 

Mengatasi radang mulut

Penyakit radang mulut merupakan jenis penyakit yang sering kali disebabkan oleh adanya mikroba kecil atau bakteri,namun anda jangan merasa takut atau panik dahulu sebab,selama anda rutin berkumur dengan buah sawo yang sudah di cingcang maka penyakit radang mulut akan segera teratasi,dan untuk tata cara nya pun juga simple dengan mencincang  buah sawo lalu kemudian direbus selama kurang lebih sekitar  10 menit lalu setelah direbus maka dapat secara langsung menyajikan di dalam 2 gelas besar lalu minum kala waktu pagi dan sore hari.

Bagus untuk kesehatan mata

Tak hanya kandungan kalsium dan juga fosfor,ternyata buah sawo ini juga memiliki kandungan vitamin A yang tentunya sangat baik untuk kesehatan pada organ mata dan dapat menjauhkan anda dari serangan penyakit mata seperti katarak.

Mencegah Terjadinya Insomnia

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sawo ini dapat dikatakan sangat bisa untuk membuat pikiran menjadi jauh lebih rileks dan cukup santai. Dengan menjadikan pikiran lebih rileks, maka hal ini juga dapat membantu anda agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang tentunya jauh lebih baik dan teratur .Bagi anda yang  saat ini mengalami susah tidur atau terkena gejala insomnia, maka segera untuk mengubah pola makan keseharian dengan rutin mengkonsumsi buah sawo untuk mengatasi gejala insomnia agar tidak begitu parah.

Mampu Meregenerasi Sel Kulit

Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah Sawo ternyata sangat baik untuk kesehatan dan juga mampu menghambat penuaan dini secara optimal. Hal ini di karenakan bahwa zat antioksidan ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, sehingga ketika anda akan memulai aktivitas akan nampak sehat bugar dan terasa awet muda,maka dari itu disarankan agar anda rajin mengkonsumsi buah Sawo ini dalam jumlah yang standar. Selain buah Sawo,ada juga jenis buah lain yang banyak mengandung senyawa antioksidan yaitu buah mahkota dewa.

Menghambat pertumbuhan kanker

Manfaat buah Sawo yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu banyak mengandung senyawa xanthone yang mana merupakan senyawa anti-kanker. Bahkan ektrak kulit Sawo pun juga bersifat apoptosis (penghancur sel kanker),jadi bagi Anda yang suka dengan buah Sawo jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya, karena justru pada bagian kulitnya ini yang banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah Sawo ternayat juga kaya akan nutrisi, mineral, vitamin, dan xanthone yang semuanya itu dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh secara signifikan. Nutrisi ini mampu melindungi tubuh anda dari berbagai macam serangan penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah Sawo yang bisa didapatkan tubuh adalah berkat kandungan polifenolnya. Polifenol dipercaya membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, diduga memiliki efek antiinflamasi dinding pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri), antiplatelet (mencegah penumpukan platelet), dan menunjang fungsi endotel secara optimal.

Melawan Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam Sawo hijau berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berasal dari polusi, bahan kimia dari makanan atau produk perawatan kulit, atau dari rokok. Radikal bebas akan merusak dan membunuh berbagai sel dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

Mencegah Terjadinya Serangan Kanker

Sawo merah merupakan jenis buah Sawo yang sangat  kaya akan kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker yang bergejolak di dalam tubuh. Kandungan ini juga sangat baik untuk menghalau adanya radiasi yang berbahaya seperti terkena langsung paparan sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut lama kelamaan akan berisiko tinggi dan menyebabkan terjadinya kanker pada kulit.  

Menjaga kadar kolesterol

Manfaat buah Sawo ini juga dipercaya sangat ampuh dan mempunyai khasiat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini disebabkan adanya kandungan seperti saponin,yang mana zat ini bisa menangkap dan menetralisir kelebihan kolesterol yang nantinya akan menyebar di dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah.

Maka dengan begitu, demi menjaga agar kolestrol di dalam darah bekerja secara normal maka di sarankan untuk rutin mengkonsumsi buah sawo secara rutin,dan rasakan efektifnya buah sawo ini yang menjaga kolestrol di dalam darah tetap seimbang dan benar-benar terjaga. Kadar kolesterol yang seimbang ini bisa menjauhkan anda dari berbagai macam jenis penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung coroner.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>